Cara Membuat Produk Kosmetik Menggunakan Brand Sendiri – Industri kosmetik nasional mengalami pertumbuhan 20% tahun lalu. Pertumbuhan ini didorong oleh kebutuhan domestik akan perawatan kulit dan kecantikan yang begitu besar. Meningkatnya jumlah influencer di media sosial, khususnya instagram, juga turut menyumbang semaraknya industri ini. Banyak brand asing yang memperluas lini bisnisnya di indonesia, namun kosmetik lokal juga berkembang pesat.

Menurut kementerian perindustrian, industri kosmetik dalam negeri bertambah sebanyak 153 perusahaan, sehingga saat ini tercatat lebih dari 760 perusahaan. Dukungan pemerintah terhadap kemudahan berusaha semakin besar. Selain itu, kini semakin banyak produsen kosmetik dan farmasi yang menyediakan layanan private label.
Layanan ini menjadi angin segar bagi para pengusaha yang ingin membuat produk kosmetik dengan brand sendiri karena tidak perlu lagi mendirikan pabrik untuk memproduksinya. Private label atau maklon adalah produk yang dibuat oleh produsen kosmetik atau farmasi dan dijual dengan merek pemilik merek.
Dengan cara ini, pemilik merek dapat membuat produk kosmetik dengan biaya yang lebih terjangkau. Bisnis ini cocok bagi anda yang memiliki passion di bidang kecantikan dengan budget terbatas.
Cara Membuat Produk Kosmetik
Ide Produk
Selain dari kebutuhan anda sendiri, ide bisa didapatkan dari riset melalui google trend, media sosial, forum thread, market place, retailer seperti watson, century, guardian atau informasi dari sekitar anda. Lihat apakah ada pain point, hal-hal yang tidak bisa dipenuhi oleh produk sebelumnya. Masalah ini bisa menjadi ide produk.
Riset Pasar Dan Pesaing saat Membuat Produk Kosmetik
Ide perlu divalidasi untuk memastikan kebutuhan akan produk anda ada. Apakah ada pesaing, siapa mereka, bagaimana positioning mereka dan bagaimana memasarkannya. Jika ya, siapakah mereka. Jika belum ada pesaing maka perlu dianalisis mengapa belum ada yang membuat produk ini.
Atau kalau pernah ada dan gagal, kenapa. Data-data tersebut juga akan digunakan sebagai bahan penyusunan profil brand. Lakukan analisis swot untuk menentukan diferensiasi produk anda dibandingkan kompetitor.
Pengembangan Produk Kosmetik
Setelah anda memutuskan konsep produk, saatnya mencari perusahaan (pabrik) untuk memproduksinya. Pada tahap ini, anda akan memilih formula, kemasan, desain kemasan, bodycopy, dan desain logo. Dalam hal izin edar, mereka biasanya juga membantu pengurusan izin bpom, termasuk mendaftarkan merek dagang ke direktorat jenderal hak kekayaan intelektual.
Memilih perusahaan membutuhkan kehati-hatian. Jangan ragu untuk meminta sampel untuk anda coba sendiri sebelum memutuskan perusahaan mana yang akan dipilih. Setiap perusahaan memiliki spesialisasi yang berbeda.
Misalnya, jika anda ingin membuat produk perawatan kulit alami, pilihlah pabrik yang memiliki portofolio produk alami yang panjang. Atau jika anda membutuhkan produk yang lebih ilmiah, maka pilihlah perusahaan yang ahli dan berpengalaman dalam jenis produk tersebut. Pemilihan perusahaan ini membutuhkan waktu dan kehati-hatian.
Strategi Merek
Merek adalah bagaimana produk anda ingin dirasakan oleh konsumen. Tidak peduli seberapa besar atau kecil skala bisnis anda, strategi merek sangat penting untuk kelangsungan produk jangka panjang. Membuat brand profile, personality, communication style untuk diimplementasikan dalam semua kegiatan pemasaran. Memahami profil konsumen yang akan di targetkan meupakan kunci keberhasilan dari strategi ini.
Semua yang anda tampilkan akan membuat mereka merasa terhubung yang nantinya akan membeli, membeli lagi dan secara sukarela merekomendasikannya kepada orang lain. Ini adalah tantangan terbesar dalam memulai bisnis kosmetik. Banyak pemilik merek tidak menyiapkan strategi untuk membedakan dirinya dengan produk lain. Meski begitu, begitu diluncurkan, produknya akan bersaing dengan ratusan produk sejenis, baik domestik maupun impor.
Produknya terlihat sama dengan yang lain, sehingga mudah lupa ketika muncul produk baru dari perusahaan lain. Jadi tidak cukup hanya dengan memulai bisnis kosmetik dengan produk yang bagus, anda juga membutuhkan strategi branding dan pemasaran untuk bisa ‘stand out’ di pasar.
Baca juga : Perhatikan Bedanya Kosmetik Alami Dan Organik Untuk Kecantikan
Rencana Pemasaran
Kesuksesan produk, ditentukan oleh profil merek yang solid, dipadukan dengan bauran pemasaran yang tepat sasaran dan dilaksanakan pada waktu yang tepat. Marketing mix terdiri dari 5 p yaitu product, place, price, promotion dan yang tidak kalah pentingnya adalah people.
Demikian ulasan tentangCara Membuat Produk Kosmetik Menggunakan Brand Sendiri, semoga bermanfaat.
One Response