Kulit Iritasi Akibat Over Exfoliating Beginilah Cara Mengatasinya– Eksfoliasi merupakan bagian umum dari rangkaian perawatan wajah. Proses ini berguna untuk merontokkan sel kulit mati yang menumpuk dan membuat wajah lebih bersih dan cerah. Eksfoliasi sebaiknya dilakukan dua hingga tiga kali seminggu, itupun tergantung jenis kulit masing-masing.

Akibat Over Exfoliating

Cara Mengatasi Over Exfoliating

Sayangnya masih banyak dari anda yang tanpa sadar terlalu sering melakukan eksfoliasi atau over eksfoliasi, baik secara kimiawi maupun fisik. Tanda yang jelas bahwa Anda melakukan pengelupasan berlebihan adalah iritasi, kemerahan, dan peradangan pada kulit. Akibatnya, corak kulit cenderung kering dan teksturnya mengelupas. Nah, untuk membantu meredakan Kulit Iritasi Akibat Over Exfoliating beginilah cara mengatasinya:

Akibat Over Exfoliating Harus Terapkan Kompres Dingin

Cara ini bisa menjadi pertolongan pertama untuk meredakan rasa panas akibat iritasi. Segera lakukan kompres dingin, bisa menggunakan es batu atau air dingin, pada area yang iritasi jika mengalami efek samping akibat eksfoliasi berlebihan.

Menggunakan Gel Lidah Buaya

Komponen gel dalam lidah buaya memiliki sifat anti-bakteri, anti-jamur, anti-inflamasi dan emolien yang efektif dalam menyembuhkan, menghidrasi dan menenangkan iritasi ringan. Oleskan gel lidah buaya secara merata pada area yang teriritasi dan biarkan selama beberapa menit hingga kering. Anda dapat menerapkannya kembali setiap beberapa jam untuk hasil yang maksimal.

Menggunakan Emolien Berbahan Dasar Krim

Emolien sering ditemukan pada produk pelembab. Biasanya digunakan untuk membantu mengunci kelembapan kulit dan mencegahnya menjadi kering. Sangat efektif untuk mengatasi kondisi kulit yang teriritasi.

Akibat Over Exfoliating Bisa Menambahkan Serum Vitamin C

Vitamin C dapat membantu mempercepat proses penyembuhan kulit yang teriritasi dan mengurangi kemerahan. Jadi tidak ada salahnya menambahkan serum vitamin C ke dalam rutinitas perawatan kulit Anda. Namun pilihlah yang memiliki kandungan pH rendah, karena jika konsentrasinya terlalu tinggi atau tidak digunakan dengan benar justru dapat semakin mengiritasi kulit.

Sesuaikan Kembali Rutinitas Perawatan Kulit Anda

Selama proses penyembuhan, usahakan agar rutinitas perawatan kulit Anda tetap sederhana. Hindari penggunaan busa wajah atau pembersih berbusa karena dapat mengeringkan kulit dan memperparah iritasi. Begitu juga untuk produk retinol yang bereaksi terlalu keras. Selain itu, hentikan sementara penggunaan eksfoliator fisik dan kimia hingga tekstur dasar kulit Anda kembali normal.

Aturan Pakai Exfoliating Toner Yang Wajib Kamu Lakukan

Exfoliating toner memiliki banyak manfaat untuk kulit kita, salah satunya karena dapat mengangkat sel kulit mati. Exfoliating Toner Berbeda dengan hydrating toner yang bisa digunakan setiap hari, penggunaan exfoliating toner memiliki aturan tertentu karena kandungannya yang lebih asam sehingga rentan mengiritasi kulit. Ini peraturannya, simak baik-baik!

Lakukan Tes Terlebih Dahulu

Terkadang exfoliating toner tidak ramah untuk kulit sensitif, oleh karena itu penting untuk dilakukan trial test yang dilakukan selama 2-3 kali dalam seminggu untuk pemakaiannya. Kemudian dapat dilihat apakah ada reaksi negatif pada kulit atau tidak. Jika belum, maka exfoliating toner dapat digunakan secara rutin untuk melihat manfaatnya pada kulit kita.

Akibat Over Exfoliating Tidak Disarankan Untuk Digunakan Terlalu Sering

Exfoliating toner ini tidak disarankan digunakan terlalu sering, karena sifatnya yang asam. Exfoliating toner juga dapat membuat kulit Zestie menjadi lebih sensitif jika digunakan setiap hari. Selain itu fungsi exfoliating toner sendiri adalah untuk mengangkat sel kulit mati sehingga kulit berpotensi mengalami over exfoliating. Hal ini menyebabkan kulit menjadi iritasi, membuat kulit menjadi lebih sensitif.

Hindari Gunakan 2 Exfoliating Toner

Hindari Menggunakan 2 Exfoliating Toner Secara Bersamaan. Saat memilih toner, Anda perlu memperhatikan bahan-bahannya, apakah termasuk hydrating toner atau exfoliating toner. Kandungan asam pada exfoliating toner dapat mengiritasi kulit jika digunakan secara berlebihan. Cukup gunakan hydrating toner setelah menggunakan exfoliating toner agar kelembapan kulit tetap terjaga.

Baca juga : Jasa Maklon Kosmetik Halal

Akibat Over Exfoliating Juga Wajib Menggunakan Tabir Surya Di Pagi Hari

Setelah mengaplikasikan exfoliating toner, perlindungan ekstra sangat dibutuhkan oleh kulit, karena kulit sudah mengalami pengelupasan sel kulit mati saat menggunakan exfoliating toner dan kulit akan menjadi lebih sensitif terutama terhadap sinar matahari. Gunakan tabir surya dengan SPF minimal 30 ke atas untuk perlindungan maksimal. Ikuti aturan di atas saat menggunakan exfoliating toner Zestie, agar kulit Zestie tidak iritasi dan berteman dengan exfoliating toner.

Demikian penjelasan dari saya tentangKulit Iritasi Akibat Over Exfoliating Beginilah Cara Mengatasinya semoga bermanfaat, terimakasih.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *