Perhatikan Bedanya Kosmetik Alami Dan Organik Untuk Kecantikan– Pada artikel ini kami akan bahas mengenai bedanya Kosmetik Alami Dan Organik untuk kecantikan dan kesehatan kulit anda. Berbagai brand kecantikan semakin gencar memperkenalkan produknya dengan label khusus, mulai dari label alami hingga bebas bahan kimia. Ada juga kosmetik organik yang diaplikasikan pada produk makeup dan perawatan kulit.

Kosmetik Alami Dan Organik

Bedanya Kosmetik Alami Dan Organik

Penggunaan berbagai label dalam dunia kecantikan membuat wanita sadar akan produk. Jika Anda seorang wanita yang peduli dengan keamanan produk dan lebih suka menggunakan kosmetik berbahan dasar alami, maka Anda perlu mengetahui lima istilah dalam dunia kecantikan ini, seperti dilansir Byrdie.

Alami

Biasanya, produk kosmetik berlabel natural masih memiliki satu atau dua bahan sintetik. Namun, bukan berarti produk tersebut menipu konsumen atau memanfaatkan label natural untuk memanfaatkan penjualan. Kunci untuk menentukan ini adalah memastikan semua bahan alami ada di daftar bahan teratas.

Sebagai urutan pertama dan persentase terendah sebagai urutan terakhir, daftar bahan kosmetik yang biasanya diurutkan dari persentase yang tertinggi. Produk berlabel alami biasanya menempatkan bahan sintetis di urutan terakhir. Mungkin yang bisa bikin bingung adalah bahasa ilmiah yang digunakan dan terdengar seperti bahan sintetik.

Misalnya, natrium klorida adalah kata umum untuk bahan garam laut, asam sitrat adalah kata umum untuk unsur yang ada dalam lemon atau buah asam sitrat lainnya. Jadi, sangat disarankan untuk mempelajari berbagai bahan kosmetik.

Organik

Produk kosmetik organik ini biasanya dapat menggunakan bahan alami yang dikembangkan secara organik. Dari Food and Drug Administration (FDA) sendiri, kosmetik berlabel organik adalah kosmetik yang kandungan organiknya harus mencapai persentase tertentu. Ini dapat bervariasi dari satu negara ke negara lain, misalnya di California persentase organik harus 70%, sedangkan di Kanada harus 95%.

Saat ini sudah ada sertifikat organik untuk produk kosmetik yang mengandung bahan organik, misalnya USDA Organic yang mensyaratkan produk minimal 95% bahan organik. Organic and Sustainable Industry Standards mensyaratkan produk organik memiliki persentase 85% yang kemudian meningkat menjadi 95% dua tahun kemudian. Bagaimana dengan Indonesia? Sayangnya, di Indonesia belum ada sertifikat organik khusus yang menentukan apakah suatu produk benar-benar organik atau hanya sekedar label.

Kosmetik Alami Dan Organik Bebas Bahan SintetisĀ  atau Bahan Kimia

Berbeda dengan kosmetik berlabel natural, kosmetik yang berlabel ini benar-benar tidak memiliki bahan buatan dan hanya menggunakan unsur atau campuran yang didapatkan secara alami. Sama halnya dengan kedua label di atas, ada juga kosmetik berlabel plant-based yang artinya terbuat dari tumbuh-tumbuhan.

Leaping Bunny

Pernahkah Anda melihat simbol kelinci pada produk kosmetik? Ini adalah salah satu sertifikat bebas kekejaman, yaitu Leaping Bunny. Label ini menunjukkan bahwa produk tersebut tidak diuji pada hewan. Kosmetik asing biasanya memiliki dan tidak memiliki label ini. Bagaimana dengan kosmetik buatan dalam negeri? Tidak diberi label Leaping Bunny tidak berarti mereka pasti mengujinya pada hewan.

Bahkan memiliki label ‘Bebas Kekejaman’ dapat membuktikan bahwa mereka tidak melakukan pengujian pada hewan. Negara yang melarang animal testing adalah negara-negara Eropa yang menerapkan peraturan tersebut pada tahun 2013. Beberapa negara di AS juga telah menerapkan peraturan tersebut.

Baca juga : Tips Mengatasi Masalah Kulit Wajah

Kosmetik berlabel vegan

Kosmetik berlabel vegan tentunya tidak memiliki bahan dari hewan atau bahan sejenis lainnya. Namun, itu tidak berarti mereka bebas dari bahan sintetis atau organik. Produk vegan mungkin masih mengandung bahan sintetis atau bahan kimia lainnya selama tidak ada hewan yang terlibat dalam proses pembuatan atau pengujian produk.

Nah, Sekarang Anda bisa melihat kan perbedaan antara produk kecantikan berbahan dasar alami dan organik. Semoga informasi ini bisa menjadi pedoman bagi Anda dalam memilih produk kecantikan atau kosmetik yang benar-benar sesuai dengan kebutuhan Anda. Jangan lupa untuk menilai dan membagikan artikelnya ya, jangan sampai salah pilih ya.

Demikian penjelasan dari saya tentangPerhatikan Bedanya Kosmetik Alami Dan Organik Untuk Kecantikan semoga bermanfaat, terimakasih.

5 Responses

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *