Urutan Penggunaan Skincare Yang Bisa Anda Coba Dirumah! – Untuk menjaga kulit wajah tetap cerah, halus dan lembab, wanita biasanya menggunakan skincare routine setiap hari. Namun, selain memilih produk yang tepat dan sesuai dengan jenis kulit Anda. Anda juga disarankan untuk menggunakan skincare dengan urutan yang tepat.

Penggunaan Skincare

Hal ini agar setiap produk dapat bekerja secara maksimal pada kulit wajah. Dulu, produk perawatan kulit hanya terdiri dari pembersih wajah, toner, dan pelembab. Kini, beragam produk sudah mulai bermunculan, mulai dari serum, booster, lotion hingga ampul yang bermanfaat untuk kecantikan kulit. Tak heran banyak wanita yang bingung dengan urutan pemakaiannya. Yuk, cari tahu di sini urutan Penggunaan Skincare yang benar.

Pengertian Skincare

Skincare adalah rangkaian perawatan kulit untuk menjaga kesehatan dan kecantikan kulit. Perawatan kulit tidak cukup dari dalam dengan makanan yang kita konsumsi, tetapi juga perawatan dari luar. Perawatan luar ini meliputi penggunaan pembersih wajah, serum, pelembab, hingga tabir surya. Apakah Anda saat ini masih malas menggunakan skincare?

Tahapan penggunaan skincare tidak hanya satu atau dua langkah saja. Menggunakan perawatan kulit adalah salah satu bentuk investasi jangka panjang. Oleh karena itu, kita harus memahami bagaimana kondisi kulit kita dan rajin menggunakan skincare step by step.

Urutan Penggunaan Skincare Yang Bisa Anda Coba

1. Cleanser

Sebelum Anda mulai mengaplikasikan berbagai jenis produk perawatan kulit pada kulit wajah Anda. Pertama-tama, Anda perlu membersihkan wajah terlebih dahulu agar minyak, debu, dan kotoran yang menempel dapat dihilangkan. Dengan demikian, perawatan kulit yang Anda gunakan juga dapat diserap dengan baik oleh kulit wajah. Ingat, untuk membersihkan wajah menggunakan sabun pembersih maka harus perhatikan terlebih dahulu cara menggunakannya.

2. Exfoliating Toner

Setelah wajah bersih, gunakan exfoliating toner untuk mengangkat sel kulit mati. Sel tersebut dapat menyumbat pori-pori dan memperjelas garis-garis halus pada kulit. Tahukah Anda bahwa penumpukan sel kulit mati dapat membuat wajah terlihat kusam dan menimbulkan jerawat.

Nah, dua kandungan yang terdapat dalam exfoliating toner yaitu lactic acid dan salicyc acid. Kedua kandungan tersebut mampu mengangkat sel kulit mati di wajah. Hasilnya, wajah akan terlihat bersih dan cerah. Anda bisa menggunakan toner ini setiap hari. Namun, bagi Anda yang memiliki kulit wajah sensitif, gunakan saja setiap dua hari sekali.

3. Penggunaan Skincare Hydrating Toner

Langkah selanjutnya, gunakan hydrating toner. Skincare ini berguna untuk mengembalikan kelembapan dan keseimbangan pH kulit, karena biasanya kulit cenderung kering setelah menggunakan exfoliating toner. Cara pemakaian toner ini, tinggal tuang langsung ke telapak tangan, lalu tepuk-tepuk lembut dan ratakan di kulit wajah sampai meresap. Alhasil, wajah menjadi segar kembali dan siap menerima produk skincare selanjutnya.

4. Booster

Booster juga berguna untuk mempersiapkan kulit menerima produk perawatan kulit lainnya, serta memberikan nutrisi tambahan pada kulit. Teksturnya pun bervariasi, ada yang cair dan juga gel. Cara pemakaiannya juga sama dengan hydrating toner, cukup tepuk-tepuk di kulit secara perlahan sampai meresap.

5. Pelembab

Pelembap atau moisturizer memiliki peran penting untuk menjaga kulit wajah agar tetap lembab. Bagi Anda yang memiliki kulit berminyak, pilihlah pelembab dengan tekstur gel. Sedangkan bagi Anda yang memiliki kulit kering, pilihlah yang bertekstur krim.

6. Penggunaan Skincare Sunscreen

Sunscreen juga penting digunakan untuk menangkal efek buruk sinar matahari, terutama bagi Anda yang sering beraktivitas di ruang terbuka. Biasanya produk pelembab tertentu sudah mengandung tabir surya di dalamnya.

Namun, jika Anda tidak memilikinya, gunakan tabir surya setelah menggunakan pelembab. Nah, itulah urutan penggunaan skincare di pagi hari. Perawatan di malam hari juga tidak jauh berbeda. Setelah menghapus riasan menggunakan makeup remover, bersihkan wajah Anda dengan sabun dan air.

7. Spot Treatment

Bagi Anda yang memiliki flek hitam atau bekas jerawat di wajah, gunakan spot treatment setelah menggunakan toner.

Baca juga : <strong>Inilah Cara Makeup Untuk Wajah Bulat Agar Terlihat Tirus</strong>

8. Serum

Setelah menggunakan spot treatment, aplikasikan serum pada wajah. Serum memiliki konsentrasi bahan aktif yang lebih tinggi dibandingkan produk lain. Anda disarankan untuk memilih serum yang sesuai dengan kebutuhan kulit Anda. Karena setiap serum memiliki kandungan yang ditargetkan untuk masalah kulit tertentu. Ada serum yang mengandung vitamin C untuk mencerahkan kulit. Ada juga serum yang mengandung ekstrak siput yang bisa memperbaiki struktur kulit dan mengecilkan pori-pori.

Demikian ulasan artikel tentang Urutan Penggunaan Skincare Yang Bisa Anda Coba Dirumah! Semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *